Komunikasi Lisan Guru dalam Proses Pembelajaran di SMK Negeri 1 Padang Panjang
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, bermaksud mendapatkan informasi mengenai kemampuan komunikasi lisan guru dalam proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Padang Panjang yang terlihat bahwa komunikasi lisan guru kurang optimal. Alasan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dan data tentang (1) berkomunikasi secara efektif (2) berkomunikasi secara empatik (3) berkomunikasi secara santun. Populasi dalam ujian ini adalah 271 siswa dan jumlah ujian diselesaikan menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan kurang dari 10% menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling dari 79 siswa. Hasilnya menunjukkan 1) komunikasi lisan guru dalam proses pembelajaran dalam hal berkomunikasi efektif terkategori baik dengan tingkat capaian 4,16; 2) Komunikasi lisan guru dalam proses pembelajaran dalam hal berkomunikasi secara empatik tergolong kategori baik dengan perolehan tingkat capaian 4,13; 3) Komunikasi lisan guru dalam proses pembelajaran dalam hal berkomunikasi dengan sopan termasuk kategori baik dengan tingkat capaian 4,27. Sehingga dapat disimpulkan bahwa komunikasi lisan guru dalam siklus pembelajaran di SMK Negeri 1 Padang Panjang tergolong baik dengan skor 4,19.
References
Hardiani, N. (2014). Analisis Kemampuan Komunikasi Lisan dan Tulis Mahasiswa Calon Guru pada Jurusan Pendidikan Matematika IAIN Mataram. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 13(4), 401–406.
Herawati, S. (2016). Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Berkomunikasi Guru Dalam Proses Pembelajaran Di SMK Kartika 1-2 Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 1–13.
Liskardani, P., Gistituati, N., & Yahya. (2020). Proses Komunikasi Organisasi Penelitian Mengenai Proses Komunikasi pada Dinas Pendidikan Kabupaten Solok Selatan dengan Permasalahannya dan Pengaruhnya terhadap Pegawai. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 8–15.
Markhamah, & Sabardila, A. (2013). Analisis Kesalahan dan Kesantunan Berbahasa. Muhammadiyah University Press.
Masturi, A. (2010). Membangun relasi sosial melalui komunikasi empatik. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 14–31. https://www.neliti.com/id/publications/144056/membangun-relasi-sosial-melalui-komunikasi-empatik-perspektif-psikologi-komunika
Mulyana, D. (2008). Komunikasi Efektif. PT.Remaja Rosdakarya.
Nata, A. (2011). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Kencana.
Navisa, J., Jasrial, Ermita, & Sulastri. (2021). Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Mahasiswa Program Praktek Lapangan (PPL) Jurusan Administrasi Pendidikan UNP se-SMK Negeri Kota Padang. Journal of Educational Administration and Leadership (JAEL), 1(3), 63–69.
Nellitawati. (2012). Kontribusi Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru SMA Negeri Di Kecamatan Koto Tangah Padang. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, XII(2), 24–31.
Nurhasnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Mikro. Suska Press.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
Pratama, R., Hadiyanto, Ermita, & Adi, N. (2021). Persepsi dan Harapan Guru terhadap Iklim Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Padang. Journal of Educational Administration and Leadership (JAEL), 1(3), 52–61.
Santoso, Y., Febrina, W., & Jaya, I. (2020). Profil Budaya Kerja Pegawai Balai Diklat Keagamaan Padang(The Profile of Work Culture in Balai Diklat Keagamaan Padang). JURNAL BAHANA MANAJEMEN PENDIDIKAN, 9(2), 53–57.
Shifah, F. H. (2018). Komunikasi Interpersonal Guru Sekolah menengah Kejuruan Negeri 3 Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 7(1), 54–61.
Sudijono, A. (2007). Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.
Suliyarti, R., Gistituati, N., Rusdinal, & Irsyad. (2020). PERSEPSI SISWA TENTANG KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 PADANG. Journalof Educational Administration and Leadership (JEAL), 1(2), 1–7.
Tyaningsih, R. Y. (2016). Keterampilan Komunikasi Lisan Calon Guru Matematika Pada Mata Kuliah Proses Belajar Mengajar (MK PBM). Jurnal Math Educator Nusantara, 2(1), 55–66.
Winataputra, U. S. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Universitas Terbuka.
Yandrizal, Rifma, Syahril, Barkara, R. S., & Novebri. (2020). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 71–75.
Copyright (c) 2022 Journal Higher Educational Management
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.