Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Etos Kerja Guru di SLTA se-Kecamatan Natal
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh terlihatnya Etos Kerja guru yang belum maksimal sebagaimana mestinya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kepemimpinan di SLTA se Kecamatan Natal, untuk mengetahui Etos Kerja guru di SLTA se Kecamatan Natal, serta untuk melihat hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan etos kerja guru di SLTA se-Kecamatan Natal. Penelitian ini berjenis penelitian korelasional yaitu melihat hubungan antara variabel. Populasi penelitian ini adalah semua guru di SLTA se-Kecamatan Natal total 117 guru. Sampel penelitian ini adalah 50 guru. Penentuan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling dengan rumus Cochran. Instrumen penelitian adalah angket dengan model skala likert yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian diketahui: 1) Kepemimpinan kepala sekolah di SLTA se-Kecamatan Natal berada pada kategori baik dengan skor 85.58%. 2). Etos kerja guru di SLTA se Kecamatan Natal berada pada kategori baik dengan skor 86.08% dan 3). Dibuktikan dengan terdapat hubungan yang erat antara kepemimpinan dengan etos kerja guru di SLTA se-Kecamatan Natal pada taraf signifikansi 5% dengan koefisien korelasi 0.730 dan uji keberartian korelasi 7,3998.
References
Desiyanti., Gistituati. N., R. (2021). Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(2), 6–11. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1
Evi Zahara. (2018). Peranan Komunikasi Organisasi Pimpinan Organisasi. Peranan Komunikasi Organisasi Bagi Pimpinan Organisasi, 1829–7463(April), 8.
Fahmi, I. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: ALFABETA.
Fatikah, N., & Firdayanti. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Motivasi Dan Etos Kerja Guru Di Sma Negeri Bareng Jombang Noor Fatihah 1 , Firdayanti 2. IJIES: Indonesian Journal of Islamic Education, 2(2), 167–182.
Haq, N., Tholhah, I., & Primarni, A. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Efikasi Diri Guru Terhadap Kinerja Guru. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 1(2), 173–188. https://doi.org/10.47467/reslaj.v1i2.108
Hasibuan, M. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Jannah, Miftahul., Adi, Nelfia., Syahril., I. (2021). Etos Kerja Pegawai Negeri Sipil pada Kantor Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Kota Padang. Journal of Educational Administration and Leadership, 1(4), 1–4. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jeal.v1i3
Kadjim. (2010). Pendidikan Keterampilan. Surabaya: Jakarta Agung.
Masoko, F. F., Katuuk, D. A., Rotty, V. N. J., Lengkong, J. S. J., Managemen, S., Unima, P., … Unima, P. (2021). Jurnal bahana manajemen pendidikan. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 98–103. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1
Rochmah, E. . (2016). Mengembangkan Karakter Bertanggung Jawab pada Pembelajar. Al-Murabbi 36-58.
Sinamo. (2011). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Supit, M., Katuuk, D. A., Rotty, V. N. J., & Lengkong, J. S. J. (2021). Hubungan Iklim Sekolah dengan Semangat Kerja Guru SMP Negeri. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 10(1), 91–97. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jbmp.v10i1
Suteja, A., Mursyidin, S., & Gistuati, Nurhijrah., N. (2021). Hubungan Gaya Kepemimpinan Pengurus Harian dengan Loyalitas Anggota Aktif Organisasi di UK-Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Journal of Educational Administration and Leadership, 1(2), 46–51. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jeal.v1i2
Swandi, B. (2017). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta
Copyright (c) 2022 Journal Higher Educational Management

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.