Kompetensi Profesional Guru dalam Pembelajaran di SMK Negeri 2 Padang

  • Hurwatil Hurqa Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Hanif Al Kadri Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Rifma Rifma Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Irsyad Irsyad Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Keywords: kompetensi, profesional, guru, pembelajaran

Abstract

Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi terkait tanggapan guru terhadap kompetensi profesional guru dalam pembelajaran di SMK Negeri 2 Padang pada  mengelola program pengajaran, menguasai bahan pengajaran, mengelola serta menggunakan media serta sumber belajar, dan kemampuan dalam evaluasi. Jenis penelitian ini yakni deskriptif kuantitatif. Jumlah populasi guru SMK Negeri 2 Padang adalah 100 orang, sehingga jumlah sampelnya adalah 50 responden. Pengumpulan data dijalankan dengan memakai kuesioner yang sudah diuji validitas serta realitasnya. Rumus rata-rata digunakan untuk mengolah data penelitian. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik simple random sampling.  teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara acak. Data tersebut menunjukkan bahwa respon guru mengenai  kompetensi profesional guru dalam  menguasai mengelola program pembelajaran ada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 3,97, menguasai materi/bahan pelajaran ada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 4,07, menggunakan media dan sumber belajar ada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 3,90, evaluasi hasil belajar siswa ada dalam kategori baik dengan skor rata-rata 4,16, . Data yang sudah dikumpulkan lalu diolah serta dianalisis menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: Verifikasi data angket yang sudah dikembalikan dan di cek kebenaran serta kelengkapannya, jika ada yang kurang lengkap diupayakan untuk melengkapinya.,Melakukan tabulasi data dan memberi skor jawaban responden. Pemberian skor pada setiap butir dengan rincian sebagai berikut: sangat mampu diberi skor 5, mampu diberi skor 4, cukup mampu diberi skor 3, kurang mampu diberi skor 2, dan tidak mampu diberi skor 1., Mendeskripsikan data yang telah diolah ke dalam tabel. Bisa disimpulkan bahwa tanggapan guru terhadap kompetensi profesional guru dalam pembelajaran berada dalam level sedang dengan nilai 4,025.

References

Astuti, D. W. (2020). Motivasi Berprestasi Guru Profesional di SMK Negeri 2 Sawahlunto. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 1(1).
Djamarah, S. Bahri dan Azwan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Dudung, A. (2018). Kompetensi profesional guru. Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 5(1), 9–19.
Hasanah, A. (2012). Pengembangan Profesi Guru. Pustaka Setia.
Ideswal, I., Yahya, Y., & Alkadri, H. (2020). Kontribusi Iklim Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 460–466.
Jamin, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 19–36.
Pratama, R., Hadiyanto, H., Ermita, E., & Adi, N. (2021). Persepsi dan Harpaan Guru terhadap Iklim Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Padang. Journal Of Educational Administration And Leadership, 1(3), 53–61.
Sanjaya, Wina. (2011). strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. kencana.
Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(2), 58-64.
Wina Sanjaya. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. kencana
Published
2022-03-29
How to Cite
Hurqa, H., Al Kadri, H., Rifma, R., & Irsyad, I. (2022). Kompetensi Profesional Guru dalam Pembelajaran di SMK Negeri 2 Padang. Journal Higher Educational Management, 1(1), 8-13. Retrieved from https://johema.ppj.unp.ac.id/index.php/johema/article/view/3