Persepsi Peserta Didik tentang Kompetensi Sosial Guru di SMK

  • Milsa Putri Ayu Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Nellitawati Nellitawati Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Hadiyanto Hadiyanto Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
  • Tia Ayu Ningrum Administrasi Pendidikan, Universitas Negeri Padang
Keywords: Kompetensi sosial; Guru; Persepsi; Peserta didik

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan penulis selama melaksanakan Praktek Lapangan Kependidikan di SMKN 1 Pancung Soal yang menunjukan masih rendahnya  kompetensis sosial guru.pertanyaan penelitiannya adalah 1) Seberapa mampu guru berkomunikasi di sekolah berdasarkan  persepsi siswa SMK Negeri 1 Pancung Soal, 2) Seberapa mampu guru bersosialisasi secara efektif di sekolah berdasarkan persepsi siswa SMK Negeri 1 Pancung Soal, 3) Seberapa mampu guru mengunakan teknologi dan informasi secara fungsional berdasarkan persepsi siswa SMK Negeri 1 Pancung Soal 4) seberapa mampu guru di menerapkan prinsip-prinsip persaudaraan dan kebersamaan di SMK Negeri 1 Pancung Soal. Hasil penelitian menunjukkan persepsi peseta didik  tentang kompetensi sosial guru  di SMK Negeri 1 Pancung Soal, dilihat dari aspek: (1) kemampuan guru dalam  berkomunikasi berada pada kategori mampu dengan skor rata-rata 4,044; (2) kemampuan besosialisasil secara efektif dengan peserta didik berada pada kategori  mampu dengan skor rata-rata 4,21; (3) kemampuan menggunakan teknologi dan informasi secara fungsional berada pada kategori mampu dengan skor rata-rata 4,26.  Dan kemampuan menerapkan prinsip-prinsip persaudaraan dan kebersamaan berada pada kategori mampu dengan skor rata-rat 4,26 Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa persepsi peserta didik tentang kompetensi sosial guru berada pada ketegori mampu dengan skor rata-rata 4,03. Artinya persepsi peserta didik  tentang kompetensi sosial guru di SMK Negeri 1 Pancung soal  berada pada kategori mampu.

References

Aziz, A. (2017). Komunikasi pendidik dan peserta didik dalam pendidikan islam. Jurnal Mediakita: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 1(2)
Ashsiddiqi, H. (2012). Kompetensi sosial guru dalam pembelajaran dan pengembangannya. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, 17(01), 61-71.
Husnia, A. R. (2020). Persepsi Siswa Kelas XI terhadap kompetensi Sosial Guru SMK Negeri 1 Solok. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 3(2), 769-776.
Miarso, Yusuf Hadi. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan.Jakarta : Kencana.
PP RI No. 74 Tahun 2008 .Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.
Rusman (2011).Model-model Pembelajaran Mengembangkam Profesionalisme Guru, Cetakan ke-4. Jakarta : Raja Grafindo.
Saudagar, F., & Idrus, A. (2011). Pengembangan Profesionalitas Guru:Jakarta: Gaung Persada.
Salim, A. Pengaruh Kecerdasan Linguistik Terhadap Keterampilan Bergaul Pada Teman Sebaya Peserta Didik Kelas Viii Di Smp Negeri 8 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015
Published
2022-03-31
How to Cite
Putri Ayu, M., Nellitawati, N., Hadiyanto, H., & Ayu Ningrum, T. (2022). Persepsi Peserta Didik tentang Kompetensi Sosial Guru di SMK . Journal Higher Educational Management, 1(1), 25-28. Retrieved from https://johema.ppj.unp.ac.id/index.php/johema/article/view/5