Budaya Organisasi Sekolah Menengah Kejuruan
Abstract
Penelitian ini berdasarkan pengamatan penulis terhadap budaya organisasi SMK Negeri 1 Sutera dari bulan Agustus hingga November 2020 menunjukkan bahwa SMK Negeri 1 Sutera belum menerapkan budaya organisasi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memperoleh informasi tentang seberapa kuat budaya organisasi SMK Negeri 1 Sutera dalam hal kerjasama, Kejujuran dan komunikasi. Pertanyaan yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) Apa nilai kerjasama di SMK Negeri 1 Sutera? 2) Bagaimana nilai kejujuran SMK Negeri 1 Sutera? 3) seberapa kuat nilai komunikasi di SMK Negeri 1 Sutera? Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dan kuantitatif. penelitian tersebut melibatkan total 74 guru dari SMK Negeri 1 Sutera. Rumus total sampling (keseluruhan) digunakan untuk menentukan ukuran sampel untuk penelitian ini. Jika populasinya kurang dari 100, maka semua populasi akan dijadikan sampel Instrumen penelitian ini menggunakan angket (kertas) dengan skala Likert yang memiliki 5 alternatif jawaban yaitu: Sangat Tidak Setuju (STS), Tidak Setuju (TS), Ragu Ragu (R), Setuju (S), dan Sangat Setuju (ST). sebelum angket tersebut disebarkan sebelumnya sudah dilakukan uji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Data dilakukan dengan penyebaran angket langsung pada guru-guru. Data yang terkumpul kemudian diolah untuk mencari nilai rata-rata (Mean) dan tingkat pencapaian responden (TCR). Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa, dari perspektif kolaborasi, budaya organisasi memiliki skor rata-rata 3,66, responden memiliki tingkat kinerja rata-rata (TCR) 71,88%, dan komunikasi memiliki skor rata-rata 3,69, responden dengan tingkat kinerja ( TCR). ditampilkan. Itu 73,80%, dan jujur, responden memiliki tingkat kinerja (TCR) 70,46% dan skor rata-rata 3,52. Budaya organisasi SMK Negeri 1 Sutera secara keseluruhan adalah responden dengan tingkat kinerja (TCR) sebesar 72,05%, dengan skor rata-rata 3,62.
References
Arbangi. (2011). Manajemen Mutu Pendidikan. Kencana.
Arikunto. (2014a). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktis. Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2014b). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Rineka Cipta.
Ary H, G. (2000). Sosiologi pendidikan. PT. Rineka Cipta.
Barnawi dan Mohammad Arifin. (2015). Branded School: Membangun Sekolah Unggul Berbasis Peningkatan Mutu. Ar-Ruzz Media.
Gistituati, N. (2009). Manajemen pendidikan budaya dan kepemimpinan organisasi. UNP PRESS.
Nurul Zuriah, Pendidikan Moral & Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
P, S. (2008). Perilaku Organisasi Organizational Behavior Edisi 12. Salemba Empat.
Robins, P. S. (2003). Perilaku Organisasi. Edisi 9, Jilid 2. Edisi Bahasa Indonesia. PT Indeks Kelompok Gramedia.
Sahlan A & Prastyo, A. T. (2016). Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Ar-Ruzz Media.
Setiyanti, S. W. (2012). Membangun Kerja Sama TIM (Kelompok). Jurnal STIE Semarang, 4(3), 59–65.
Sobirin, A. (2007). Budaya organisasi pengertian, makna dan aplikasinya dalam organisasi. IBPP STIM YKPN.
Sonhadji, A. (2003). Modus bahan-bahan kuliah Manajemen strategik. Universitas Negeri Malang.
Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Prenadamedia Group.
Sutarto. (2006). Dasar-dasar Organisasi. Gadjah Mada University Press.
Sutrisno, H. E. (2010). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Politeknik Negeri Padang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Volume 2 no 1.
Ulfatin, N. dan T. T. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Rajawali Pers.
Widodo. (2018a). Metodologi Penelitian Populer & Praktis. Rajawali Pers.
Widodo. (2018b). Metodologi Penelitian Populer & Praktis. Rajawali Pers.
Winarsih. (2019). Pendidikan Karakter Bangsa. Loka Aksara.
Wirawan. (2007). Budaya Organisasi Teori Aplikasi Dan Penelitian. Salemba Empat.
Yusuf, A. M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian gabungan. Prenada Group.
Copyright (c) 2022 Journal Higher Educational Management
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.